Kamis, 02 September 2010

PERAN KERIS DALAM SEJARAH

Oleh  : Bagyo Suharyono

Keris adalah salah satu senjata adat   suku –suku bangsa  di  Nusantara , yang merupakan senjata penusuk jarak pendek dikenal dan dipakai oleh  sebagian masyarakat  di Asia Tenggara . Keris merupakan senjata penusuk yang dimuliakan , dihormati bahkan dianggap keramat.  Tidak hanya  suku bangsa di Indonesia , juga bangsa lain di sebagian Asia Tenggara  juga mengenal dan memakainya. Misalnya saja bangsa  Malaysia , Brunai , Sabah ,  Tailand , Kamboja , Laos, Suku Moro di Pilliphina Selatan  juga mengenal atau memakai Keris . ( Karsten Sejr Jensen  , 1998  , 5 -7 . )

                 Selain senjata penusuk , keris merupakan benda yang berfungsi sebagai senjata yang dianggap mempunai daya magis , benda Pusaka , sebagai benda kehormatan, sebagai benda sejarah , sebagai benda komoditi perdagangan , sebagai symbol , sebagai tanda kehormatan ,  sebagai benda pelengkap upacara , dan sebagai benda pelengkap busana . ( Garret 7 Bronwen Solyom , 1987 . 12. ).

                   Bagaimana kedudukan keris keris dalam sejarah bangsa , tidak dapat dipungkiri lagi , dalam ceritera , babad maupun sejarah modern , keris banyak berfungsi sebagai  obyek  sejarah , bahkan keris kadang- kadangdapat menjadi benda penentu sejarah . ( Surono , 1979, 2 . )

                    Keris selalu muncul dalam  legenda , ceritera tutur atau oral tradisi , babad atau sejarah tradisi , sampai pada sejarah modern . Ternyata  bila dicari   dalam ceritera tutur atau penulisan sejarah , keterangan mengenai keris  banyak yang dapat diketahui .seperti misalnya dalam ceritera legenda Ajisaka , Pararaton , Babad Tanah Jawi sampai penulisan  sejarah modern De Graaf,  perang Diponegoro .  Bahkan keris masih juga hadir dalam masyarakat modern masa kemerdekaan  contohnya  panglima besar besar Soedirman dan Bung Karno ., sampai kepada pak Harto.

Ceritera Jawa yang paling tua, yaitu Serat Ajisaka , walaupun ini masih merupakan ceritera tutur yang bersifat legenda menghadirkan keterangan tentang keris . Pada masa Sang Aji Saka telah menjadi raja menguasai tanah Jawa , maka berkenan mengambil pusaka keris yang ditinggalkan di Gunung Kendil., Keris itu dibawa  dan dikuasakan kepada abdinya yang bernama Sambada . Sang Ajisaka  mengutus abdinya yang bernama Dora untuk mengambil pusaka keris itu. Setelah sampai  di Gunung Kendhil , Sambada tidak mau memberikan keris pusaka itu , karena dia mendapat pesan dari Sang Ajisaka , bahwa keris itu tidak boleh diberikan kepada siapapapun kecuali sang Aji saka . Maka terjadi percekcokan meningkat menjadi perkelahian , dua abdi tersebut mati bersama. Sang  Aji saka telah menunggu lama tetapi utusannya tak kunjung datang, kemudian menyusul ke Gunung Kendhil .  Ajisaka  kemudian merasa berdosa karena mati bersama ( sampyuh )  maka sebagai peringatan akan dosana diciptakan aksara yang kelak kemudian menjadi huruf   Jawa , ha, na, ca , ra , ka .  da ,ta, sa, wa, la . Pa, da, ja,   ya , nya .   ma, ga, ba, tha, nga .
Artinya  :  ada utusan , sama –sama berkelahi  , sama - sama saktinya  , sama- sama menjadi bangkai . ( Serat AjisakaN.D.  halaman 9 –34  ) .

Walaupun serat Ajisaka ini merupakan legenda atau ceritera tutur , tetapi cerita ini sampai masa sekarang masih menjadi  dasar pandangan masyarakat Jawa atau Bali , ini merupakan  mantifac  atau facta mental yang masih hidup dalam kehidupan masyarakat sampai masa sekarang .

Ceritera dari Babad Tanah Jawi  menyebutkan bahwa Ciung Wanara setelah dewasa  diserahkan oleh Ki Buyut  untuk mengabdi pada pandai besi istana , setelah tahu cara kerja pandai besi kemudian membuat banyak senjata keris, pedang , kudi , kujang .  Kemudian Ciung Wanara membuat tempat tidur kantil yang dibuat dengan terali besi , yang dinamakan Balai Sawo .  Setelah itu Ciung Wanara mengabdi pada raja Pajajaran  Arya Bangah .   Karena banyak berjasa Ciung wanara dianugerahi nama Banyak Wide . Kelak  dengan  tempat tidur berterali besi ini dapat membalas dendamnya kepada raja Pajajaran Arya Bangah . yang kemudian dihanyutkan kesungai Karawang . Ciung Wanara menjadi raja besar di Pajajaran , begelar Harya Banyak Wide .  Kemudian berperang dengan adik Arya Bangah yang bernama Jaka Sesuruh . Jaka Sesuruh yang kalah melarikan diri  dari Pajajaran menuju ke Jawa Timur . ( Babad Tanah Jawi ,  Sudibyo   ZH , 1980 , 17 –24. ).

Dalam serat -serat Panji  yang terdiri atas beberapa versi , Panji Inu Kertapati Pangeran dari Kerajaan Jenggala yang kemudian menjadi  raja dan dapat menjatukan  kerajaan Jenggala dan  kerajaan Kediri, setelah menjadi raja bergelar Kameswara , adalah seorang yang pandai  mengolah curiga , atau bermain silat dengan keris. Walaupun ceritera ini sekedar hanya sastra sejarah , atau ceritera tutur ,  ceritera Panji  pangeran dari Panjalu ini masa lampau menjadi suri tauladan dan menjiwai kehidupan masyarakat Jawa  yang agraris feodal . Ceritera Panji ini bahkan tersiar sampai Vietnam dan Kamboja . (  Poerbotjaroko , 1969 , 4 . ) .

Dalam masa kerajaan di Jawa Timur dari masa Kediri sampai Singhasari sejarah keris tampak kelam , tetapi diketahui  bahwa akibat adanya  kepercayaan baru yaitu Tantrayana , keris  pada masa itu berkembang mencapai bentuknya . Keris yang tadinya berbentuk gemuk pendek berbadan lebar cenderung seperti keris Budha  atau Katga pada masa ini berubah ramping walaupun uga masihtampak dempakdan sangkuk  . Contohnya keris- keris Jenggala  dan Singhasari , dalam relief di Candi  Panataran , keris sudah lebih ramping bentuknya , ( Wawancara dengan Suprapto Suryodarmo  1986 . ).

                      Baru dalam kitab Pararaton didapatkan  keterangan yang  luar biasa  tentang keris . Kemelut Tumapel  dengan tokoh   Ken Angrok  seorang  rakyat jelata anak Ken Endog  yang dipercaya titisan Dewa Brahma ,  membuat sejarah besar . Kitab  Pararaton memberi keterangan yang banyak tentang keris. Karena Ken Angrok  jatuh cinta dengan Ken Dedes , wanita yang secara paksa menjadi istri Akuwu Tunggul Ametung . Untuk membunuh tunggul Ametung Ken Angrok memesan keris sakti kepada Empu Gandring, Keris Empu Gandring kemudian mulai memakan korban , pertama adalah Empu Gandring , kemudian Tunggul Ametung , Keboijo , Ken Anggrok sendiri , Panji Anusapati , Panji Tohjaya, dan Ranggawuni , Jadi keris Empu Gandring, telah memakan  tujuh korban diantaranya Ken Angrok sendiri dan keturunanya . Tetapi  Ken Angrok sendiri telah berhasil merebut Kerajaan Singhasari , yang  kelak kemudian keturunanya akan meneruskan menjadi raja- raja sesudahnya . Oleh sebab kitab yang memuat ceritera itu disebut kitab Pararaton . Dalam peristiwa ini keris yang merupakan senjata penusuk berperan serta dalam penentuan sejarah .   Serat pararaton    yang menghebohkan ini ditemukan ditulis pada keropak atau Ron Tal dalam bahasa kawi . Ceritera ini menjadi penelitian  sarjana Belanda  yang bernama Brandes , dan pernah diterjemahkan dalam bahasa Belanda (  Mangkudimedjo , 1979 ,25. ).

Peristiwa - peristiwa besar yang melibatkan peran keris dalam masa  kerajaan Majapahit apabila dikaji dari sejarah formal  maupun ceritera tutur akan banyak ditemukan . Raja Jayanegara terbunuh oleh keris Ra Tancha yang masih termasuk keluarga raja atau Darmaputra . Ra Tancha  kemudian ditangkap dan dibunuh oleh Gajah mada .  Peristiwa ini selanjutnya  mengakibatkan Hayam wuruk mewarisi takhta,  dan kebesaran kerajaan Majapahit mencapai  puncaknya.

Begitu juga dalam ceritera tutur atau babad , banyak peran keris dalam sejarah yang hadir . Ceritera Bondan Kejawan atau pangeran Lembu Peteng . diperintahkan oleh prabu Brawijaya untuk belajar dan mengabdi pada ki Gede Tarub. Sang Prabu memberikan dua keris pusaka . Setelah berkelahi dengan perampok salah satu kerisna patah  tetapi mengalami  kemenangan . Bondan kejawan ini kemudian dikawinkan dengan  putri  ki Gede satu-satunya yang benama  Nawangsih . Selanjutnya Bondan Kejawan menurunkan sederetan nama besar  dalam sejarah masa kerajaan Demak .  Cerita ini banyak ditulis dalam Babad Tanah Jawi , babad Pajang , dan  Babad Para Wali

Dalam Babad Tanah Jawi Terdapat sebuah bagian khusus yang memuat banyak keterangan  tentang keris  yaitu riwayat hidup dari empu - empu pande keris. Dalam babad diceriterakan riwayat  empu  Supa Gati , Supa Jigja , Supa Driya  Supa Pangeran Sendang, empu Pitrang, Empu ki Sura, dan  ki Supa Anom .
               Dalam babad Tanah Jawi  itu diceriterakan  tentang raja Majapahit ,  yang memesan keris pada para empu , begitu juga para Wali yang membuat keris dapur-dapur yang baru . Muncul nama nama keris Pusaka seperti Condong Campur , Sabuk inten , Nagasasra , Sengkelat ,  Carubuk , Kala munjeng , pedang kyai lawang , kendali rangah macan guguh .dan lain sebagainya  yang kelak menjadi pusaka raja - raja Jawa selanjutnya.  Pusaka tersebut sedikit banyak ikut berperan dalam sejarah . ( Panji Prawirajuda ; 1984 , 225 –271 ).
                    Pada  masa kerajaan Islam di Demak begitu banyak keterangan tentang keris . dan keris merupakan benda sebagai penentu sejarah., banyak ceritera tutur ,  serat ,babad , bahkan sejarah modern tulisan H.J de Graaf menulis tentang peristiwa pembunuhan , perebutan takhta , dan balas dendam di masa  kerajaan Demak. Pembunuhan dengan keris pada masa ini ternyata merajalela . Raja Demak pertama adalah Raden Patah atau Sultan Jim Bun sebenarnya putra  Bra Wijaya raja Majapahit , yang dipelihara oleh Harya Damar , adipati Palembang .  Setelah Sultan Fatah  meninggal digantikan oleh Puteranya yang tertua yaitu Pangeran Sabrang Lor , tetapi pangeran ini meninggal pada masa mudanya, belum menikah dan belum mempunyai putera .  Seharusnya yang menggantikan adalah putra yang kedua yaitu Sekar Seda Lepen . Tetapi Sekar Seda Lepen dibunuh ditusuk dengan keris dari belakang , sewaktu pulang dari sholat Jumat di masjid Demak.  Sepulang dari sholat Jumat, Seda Lepen dikutit dari belakang dan kemudian ditusuk pingangnya dengan keris . Seda lepen meninggal di tepian sungai , oleh sebab disebut Sekar Seda Lepen . Pembunuhan itu dilakukan oleh seorang prajurit pejineman atau prajurit sandi bernama Surawiyata , orang suruhan atau abdi  dari Raden Mukmin , yaitu  nama muda Sunan Prawata . 

Putera  laki laki Sekar Seda Lepen  bernama Haryo Penangsang , yang masih kecil diangkat menjadi murid terkasih Sunan Kudus . Haryo Penangsang kelak kemudian setelah menjadi Adipati di Jipang akan membalas dendam . Kerajaan Demak  jatuh ke tangan putra ketiga bernama Sultan Trenggana . Tetapi Sultan Trenggana gugur waktu berperang melawan Kerajaan Brang Wetan atau Blambangan di Beteng Panarukan . Yang menggantikan menjadi raja kemudian adalah putra Trenggana  yaitu Sunan Prawata . Tetapi masa pemerintahanya dipenuhi oleh kemelut persaingan kekuatan dan perebutan takhta .  Harya Penangsang , putra Seda Lepen mulai membalas dendam. Pertama kali yang menjadi korban adalah Sunan Prawata sendiri , sewaktu Sunan Prawata  sedang sakit tiduran duduk di pangku atau di ” sundang “ oleh Permaisurinya, datanglah dua orang prajurit Sureng yang berhasil menyelinap ke  tempat tidurnya .  Prajurit sureng  suruhan Arya Penangsang ini segera menusuk Sunan Prawata , tusukan begitu kuat sehingga menembus dada sampai kepunggung ,  permaisuri yang memangkunya ikut tertusuk dan langsung mati.  Sunan Prawata  yang sakti walaupun terluka belum juga mati . Sunan Prawata meraih kerisnya Kyahi Bethok , dilemparkan kearah  prajurit Sureng .   Sureng  itu hanya tersentuh keris sedikit  pada  kakinya  luka tergores , prajurit Sureng itu kemudian  segera mati . Sunan Prawata. Kemudian mati menebus dosanya karena telah membunuh Sekar Seda lepen .

Haryo Penangsang belum puas membalas dendam, maka terjadilah pembunuhan selanjutnya terhadap  Sunan Hadiri . Sewaktu Sunan Hadiri dengan isterinya Ratu Kalinyamat melaporkan peristiwa itu dan minta pengadilan pada Sunan Kudus, kepulanganya ke Kalinyamat dihadang oleh prajurit Sureng utusan Harya Penangsang . Sunan Hadiri terbunuh di jalan ditikam dengan keris namun untungnya Ratu Kalinyamat berhasil selamat  .  Balas dendam Harya Penangsang juga belum berhenti ingin menumpas habis keturunan Trenggana sampai menantu - menantunya .

Sasaran ketiga adalah  Hadiwijaya ( Jaka Tingkir )  Adipati Pajang , yang merupakan menantu Sultan Trenggana paling muda. Hadiwijaya  pada masa itu telah menjadi Adipati di Pajang . Harya Penangsang kembali mengutus dua orang prajurit Sureng untuk membunuh Hadiwijaya . Para Sureng berhasil masuk ke tempat  tidur  menemukan Hadiwijaya yang baru tidur. Kemudian  Sureng itu menusuk dengan keris.  Hadiwijaya  memang sakti, tidak mempan ditusuk dengan keris ,  bahkan kedua Sureng terjengkang pingsan karena kibasan kain dodot  selimut sakti Hadiwijaya . Para Sureng kemudian diampuni disuruh kembali ke Jipang , bahkan diberi uang yang banyak . Para Sureng kemudian melapor kepada Harya Penangsang , Harya Penangsang marah besar , dan membunuh dua Sureng  dengan kerisnya Kyai Brongot Setan Kober . Kedua Sureng telah mempermalukan Penangsang dan gagal dalam melakukan  tugas .

Harya Penangsang kemudian gugur ditangan kerabat Sela. Ki gede Pemanahan , Ki gede Penjawi , dan putra Pemanahan , Danang Sutawijaya  , yang berperang dengan segala taktik dan tipu daya. Akhirnya Adipati Jipang  Haryo penagsang gugur  . Maka tinggallah hanya satu orang terkuat pewaris kerajaan Demak.  Jaka Tingkir atau Adipati Hadiwijaya  kemudian menjadi Sultan di Pajang bergelar Sultan Hadiwijaya .  ( De Graaf . H J , 1985 , 23-30.).

                 Pada jaman kerajaan Mataram Islam  yang ber ibukota di Kotagede kemudian berpindah ke Plered ,  sejak pemerintahan Panembahan Senapati sampai Amangkurat Agung,   diketahui keterangan yang banyak tentang keris .

Beberapa peristiwa penting  terjadi masa Panembahan Senapati mulai berkuasa di Mataram . Pada awal pemerintahan Senapati mulai membangun istana Kotagede, telah membelokkan rombongan Mantri Pemajegan dari daerah Bagelen yang akan menyampaikan  hasil pajak daerah Bagelen dan Banyumas  ke Pajang . Di Istana Mataram mereka diundang mampir dan dijamu makan- makan besar dan melihat  tari –tarian. Ada seorang mantri Pemajegan yang bernama Ki Bocor ,  yang membenci Senapati dan ingin mencoba kesaktiannya .  Pada malam hari  waktu Panembahan Senapati  baru duduk di  atas tikar di pendapa, bersantai menghadapi meja pendek , datanglah ki Bocor dari belakang . Dengan cepat Ki Bocor  menusuk punggung Panembahan Senapati dengan keris  pusaka  yang bernama Kyai Kebo Dengen . Tetapi setelah ditusuk berkali - kali Panembahan Senapati sama sekali tidak terluka . Ki Bocor kehabisan tenaga dan jatuh duduk berlutut minta ampun . Panembahan Senapati membalik kebelakang dan memaafkan perilaku ki Bocor . Ki Bocor segera pergi , meninggalkan kerisnya ang masih tertancap di tanah . Sejak saat itu para mantri dan pejabat dari Bagelen dan Banyumas sangat kagum dan menghormati Senapati.. Peristiwa ini banyak ditulis dalam Babad Tanah Djawi, Babad Pajajaran , Babad Baron Sekender, Dari babad Pajajaran diketahui bahwa Mantri Pamajegan Ki Bocor adalah Bebahu desa Bocor di Banyumas, keturunan Pangeran Tole yang membenci Mataram karena mulai berkembang menjadi kota yang ramai .( De Graaf , HJ. 1987 , 73. ).

Peristiwa yang besar  sesudah itu menyusul lagi . Pangeran Alit, atau Pangeran Mas saudara ipar sultan Hadiwijaya yang menjabat Adipati Madiun, yang bernama Panembahan Madiun, memberontak terhadap kekuasaan Mataram.. Setelah Panembahan Senapati memimpin perang ke Madiun, Adipati Madiun  merasa takut karena perajuritnya selalu kalah . Adipati Madiun mundur dan melarikan diri . Kadipaten dipertahankan oleh para prajurit yang dipimpin oleh Retna Jumilah , putri Adipati Madiun yang gagah berani . Panembahan Senapati berhasil menyeberangi bengawan Madiun, langsung memasuki Kadipaten . Kedatangan Senapati di hadapi oleh Retna Jumilah , yang telah siaga dengan para prajuritnya. Retna jumilah membawa keris sakti pusaka Madiun yang bernama kyahi Gumarang  ( keris dapur Kala Gumarang adalah keris berdapur sepang dengan sogokan dan grenengan pada kedua kepet ganjana ).. Senapati menghentikan para prajurit pengawalnya di bawah pohon beringin, dan sendirian memasuki Pendapa Kadipaten.  Kedatangan senapati dihadapi oleh Retna jumilah sendiri . Retna Jumilah menusuk - nusuk  Senapati dengan keris Kyahi Gumarang tetapi Senapati tidak terluka sedikitpun .  Kemudian Retna Jumilah kehabisan tenaga , berlutut minta ampun . Senapati mengampuni Retna Jumilah , akhirnya Retna Jumilah  putri Madiun kemudian diambil sebagai isteri Senapati . Senapati kagum pada kecantikan dan keberaniannya . Sejarah ini banyak ditulis dalam babad , terutama Babad Tanah Jawi , Babad Matawis , dan buku sejarah  tulisan  De Graaf .  Peristiwa ini terjadi pada tahun  1590 . ( De Graaf , HJ 1987. ).

                     Setelah Panembahan Senapati wafat , kemudian  berkuasa Susuhunan Seda Krapyak atau  Raden mas Jolang  bergelar  Susuhunan Hadi Hanyakrawati.  Digantikan oleh raden Mas Rangsang , yang kemudian menjadi raja besar di Jawa bergelar  Sultan Agung Hanyakra Kusuma . Pada masa awal pemerintahanya Sultan Agung  mempersiapkan ekspansi ke Jawa Timur , atau daerah Brang Wetan ,  Sultan Agung mempersiapkan diri melengkapi peralatan perang . Sultan agung mengumpulkan  empu – empu dan pande besi yang ada didaerah kekuasaan Mataram . Para empu diharuskan membuat senjara perang , tombak pedang , keris , bahkan sampai meriam Jawa .  Ratusan empu dan pandai besi bekerja keras dibawah koordinasi tujuh orang empu ternama  (tindih empu pitu) . Peristiwa ini disebut sebagai peristiwa  Pakelun . Pada masa itu banyak dibuat keris ,  keris - keris itu dinamakan tangguh Mataram  Pakelun ,. sampai masa sekarang keris-keris itu masih banyak dijumpai . Sedangkan meriam ang dibuat masa itu masih dapat dijumpai di keraton  Kasunanan Surakarta . ( Riya Yasadipura  , wawancara 1984 .).

Setelah  Berhasil menaklukkan Blambangan  sampai Madura , Maka terjadi pemberontakan  kadipaten Pati , Adipati Pragola II, atau Adipati Pragolapati penguasa daerah Pati  memberotak .  Dalam ceritera tutur Jawa, dikatakan orang orang Pati kebal senjata. Kekebalan itu  hanya dapat ditawarkan kalau senjata orang- orang Mataram diberi susuk emas . Setelah rahasia itu diketahui , maka keris Mataram diberi tatahan emas untuk menawarkan kekebalan orang  dari Pati. Maka kadipaten  Pati segera jatuh dan dikuasai Mataram . Setelah jatuhna  blambangan dan Pati , Sultan Agung berkenan memberi pada para prajurit dan perwira yang berjasa dengan keris bertatah emas. Maka pada masa itu keris keris penghargaan banyak diberikan kepada para abdi dalem yang berjasa. Keris tanda penghargaan tersebut adalah keris bertatah emas Gajah Singa , Keris Gana Gajah Singa  sebenarnya adalah cronogram ( sengkalan) tahun jatuhnya Pati . Tatahan emasnya disesuaikan dengan  besarnya jabatan atau jasa dari para pahlawan yang ikut berperang menaklukkan  Blambangan dan Pati. Tahun Keruntuhan Pati menurut catatan Belanda adalah tahun 1627.

            Setelah  Sultan Agung Surut , maka raja yang menggantikan adalah Susuhunan Amangkurat I  atau Amangkurat Agung . Masa pemerintahan Amang -kurat ini diliputi suasana yang mencekam, penuh kekerasan dan pembunuhan. Begitu banak peristiwa  sejarah yang melibatkan keris sebagai alat pembunuh .

Pertama kali adalah peristiwa Pangeran Alit, Pangeran Alit sebenarnya adalah adik Sunan sendiri, yang dicurigai akan memberontak karena banyak merekrut  dan dicintai para lurah yang menjadi bawahannya. Lurah –dan pengikut Pangeran Alit dibunuh satu persatu dengan jalan pembunuhan politis yang rahasia . Karena marah, Pangeran Alit  memprotes dengan datang di Alun- alun Plered membawa para lurah yang hanya sedikit jumlahnya.  Terjadi perkelahian di alun- alun , para lurah bayak yang terbunuh ,. Pangeran Alit kemudian mengamuk di alun -lun dengan kerisnya yang sakti . Beberapa  orang telah menjadi korban keris Pangeran Alit. Demang Malaya atau juga disebut Cakraningrat I dari Madura membujuk agar Pangeran Alit menghentikan  pertumpahan darah , berlutut dihadapan Pangeran Alit dan memohon dengan menangis . Karena marah yang tak tekendalikan , Demang Malaya ditusuk keris  lehernya oleh Pangeran Alit , Demang Malaya meninggal seketika . Pengikut Demang Malaya kemudian mengeroyok pangeran alit , sampai pangeran Alit  gugur . Orang-oang Madura yang mengeroyok Pangeran Alit juga dibunuh dengan keris oleh Prajurit Amangkurat .  Peristiwa ini terjadi  pada tahun 1647 Masehi, Menurut catatan Belanda  ( De Graaf , 1987 , 34-36.).

Peristiwa kedua adalah pembunuhan kaum ulama . Amangkurat Agung selalu curiga dan khawatir terhadap para ulama , yang masa itu jumlah dan pengaruhnya semakin  besar di  kerajaan  Mataram .  Maka  Amangkurat Agung menugaskan empat orang terkemuka membentuk kesatuan prajurit rahasia khusus, yang menyelidiki kaum ulama terkemuka di wilayah Mataram . Setiap jumat para perajurit rahasia ini mengutit para ulama ang sedang sholat Jumat . Setelah  sholat Jumat, dibunyikan meriam Sapujagad sebagai tanda rahasia . Maka pada saat per tanda itu ratusan bahkan ribuan santri dan ulama dihabisi dengan keris .

 Meriam  besar sebagai tanda itu sebenarnya bernama Kyahi Pancawara dibuat masa Sultan Agung , yang kemudian diganti nama dengan Kyahi Sapu Jagad . Meriam besar itu  masih dapat dilihat sampai sekarang  terdapat dimuka  Pagelaran Alun -alun utara Kraton Surakarta , Peristiwa  ini tidak tertulis pada ceritera tutur dan babad  Jawa , tetapi terdapat pada sejarah Banten , Cirebon dan Belanda , Peristiwa ini terjadi kira - kira seputar tahun 1648 .  ( De Graaf , 1987 ,  35-37. )

Peristiwa ketiga adalah pembunuhan Kai Dalem. Kyai Wayah di Pajang adalah seorang dhalang Wayang Gedhog yang mempunyai anak yang amat cantik tapi sudah bersuami , Suami anak Ki Wayah benama Kyahi Dalem .  Sunan menginginkan wanita tersebut menjadi isterinya . Sekonyong konyong Ki Dalem meninggal terbunuh oleh keris , dan tidak ketahuan pembunuhnya . Wanita istri ki Dalem kemudian diboyong ke kraton dan dinikahi Sunan Amangkurat  walaupun telah hamil dua bulan. Wanita cantik ini kemudian terkenal sebagai Ratu Mas Malang yang kemudian meninggal dicurigai telah diracun. Sunan setelah kematian Ratu Malang  menjadi tertekan jiwanya seperti orang tidak waras. Bersama kematian  Ratu Malang telah dihukum  mati  43 orang wanita  dayang, pelayan ,  emban dari keputren  , sebagai hukuman karena keteledoran mereka . melayani Ratu Malang  ( De Graaf  ; 1987, 18-24.).

Peristiwa besar terjadi lagi, gudang mesiu  Mataram meledak meninmbulkan malapetaka dan kematian yang banyak .  Yang dituduh bertanggung jawab atas meledaknya gudang peluru tersebut adalah  Raden Wiramenggala atau  Riya menggala dan  Raden Tanureksa . Bersama kerabat mereka sejumlah 27 orang mereka dihukum mati dengan ditusuk keris .Lebih menyedihkan lagi Raden Wiramenggala yang  diperintah  membunuh adalah kakanya sendiri , yaitu Pangeran Purbaya. Peristiwa ini terjadi pada pertengahan tahun 1670  ( De Graaf , 1987 27-28 ). Beberapa babad  telah menuliskan  peristiwa itu , yaitu  Babad Tanah Jawi, Babad Momana, dan catatan Belanda (raporten).

Peristiwa lain adalah pembunuhan  Pangeran Selarong , Pangeran Selarong adalah putra  Sunan Seda Krapyak dengan Putri Lungayu dari Ponorogo . Karena Pangeran Selarong dituduh menggunakan racun Anglung Upas , maka Pangeran Selarong dihukum mati dengan ditusuk keris , peristiwa ini terjadi didesa Bareng, Kuwel  ( dekat Delanggu ) pada tahun 1669 . Peristiwa itu ditulis dalam Sedjarah Dalem , Babad momana , Babad Tanah Jawi dan catatan atau laporan Van Goens kepada Gubernur Jendral di Batavia .

Peristiwa kekejaman dengan keris muncul lagi , raja mempunyai  simpanan gadis kecil yang sangat cantik  namanya Rara Oyi. Karena belum haid , maka gadis cantik itu dititipkan kepada  Pangeran Pekik , Adipati Surabaya.  Sampai nanti dewasa akan dijadikan isteri.  Pangeran Pekik kemudian menyuruh Ngabehi Wirareja dan keluarganya untuk mengasuh  anak gadis itu . Setelah menanjak dewasa Rara Oyi  yang sangat cantik kebetulan berjumpa  dengan Pangeran Dipati Anom , putera raja. Pangeran Adipati Anom  segera jatuh cinta pada Rara Oyi. Rara Oyi kemudian dilarikan Pangera Dipati Anom .  Amangkurat Agung sangat murka , memerintahkan membunuh Pangeran Pekik dengan seluruh keluarganya, sejumlah 40 orang, Mereka dihukum mati dengan ditusuk keris. Wirareja juga dihukum mati beserta keluargana jumlah korban dalam peristiwa ini adalah 60 Orang. Peristiwa ini terjadi pada tahun 1670 .

Betapun pada masa pemerintahan  Amangkurat I telah sering terjadi pembunuhan  pembunuhan dengan keris. Ketidak puasan, ketakutan,  dan keresahan menyelimuti Mataram , dan akhirnya terjadi Pemberontakan Trunajaya yang bersekutu dengan mertuanya Pangeran Kajoran , Sehingga kerajaan Mataram menjadi runtuh dan Amangkurat  melarikan diri , wafat di Tegalwangi.

Setelah Wafatnya Amangkurat  Agung di Tegalwangi , maka  Pangeran Adipati Anom menjadi  raja .  Amangkurat II atau Amangkurat Amral  ( Admiral )  memindah kan  ibukota mataram ke Wana Karta , kemudian diganti nama Kartasura. Amangkurat Amral berhasil mengalahkan Pemberontak Trunajaya dengan bantuan Kompeni dan  para adipati.  Trunajaya ditangkap di Gunung Antang  Kediri . Trunajaya ditawan  dibawa ke Surabaya , di Alun - alun  Amangkurat Admiral menghukum Trunajaya dengan keris Kyahi Blabar , Maka berakhirlah pemberontakan Trunajaya (  Sudibjo ZH . 1980, 250- 252 )

Masih begitu banyak peran keris dalam sejarah , misalnya Untung Surapati yang selalu membawa keris kecil yang disembunyikan dalam cadik untaian daun  sirih , apabila berjumpa dengan Belanda cadik itu disabetkan pada orang Belanda , Karena kesaktian keris  orang Belanda itu mati .
Begitu Juga Paku Buwana II telah memberikan keris Kyahi Kopek kepada pangeran Mangkubumi yang kemudian menjadi Sultan Hamengku Buwana I  di  Kasultanan Yogyakarta . ini tertulis dengan jelas pada sejarah sesudah perjanjian Gianti . Keris Kyahi Kopek menjadi lambang pengakuan kedaulatan Kasultanan Yogyakarta oleh Paku Buwana II.

Pangeran Diponegoro , yang mengorbankan perang Jawa ( Java oorlog  1825-1830 ) , selalu memakai  dan membawa keris pusaka  dipinggangnya . Dalam gambar kuno akan selalu tampak Diponegoro memakai keris warangka gayaman gaya Yogyakarta. ( Muhammad Yamin; 1956, 27.)

 Bagaimanapun juga keris keris tunggul , dan pusaka kraton Jawa tetunya mempunai karisma sendiri-sendiri , kedudukanya , dan sejarahnya masing-masing.
Sejarawan keris masih harus banyak menggali latar belakang  dan sejarah tentang keris – keris pusaka seperti , Kyai Joko Piturun , Kyai Mahesa Nempuh , Kyahi Mega Mendhung , Kyahi Banjir, Kyai Babar Layar, Kanjeng Ki ageng , Kyahi Kebo Nengah, Kyai Karawelang , dan masih banyak  lagi keris pusaka yang harus dikaji sejarahnya lebih lanjut.

Keris juga masih saja berperan , dan muncul dalam sejarah modern . Pada masa revolusi fisik , Panglima Besar Soedirman memimpin perang gerilya melawan pendudukan  Belanda.  Jendral Soedirman tidak memakai seragam militer modern dengan pistol atau senapan . Jendral Soerdirman justru memakai udheng ikat kepala , dan memakai  jubah di pinggangnya  terselip keris . Jendral Soedirman lebih suka memakai pakaian rakyat seperti pendeta atau kyai  pedesaan , karena akan terasa lebih akrab berintegrasi dengan rakyat pedesaan. ( Roto Suwarno, 1985, 80, 103, 146 ).

Bung Karno, Presiden pertama Republik Indonesia . pada masa kejayaanya selalu membawa keris .  Keris yang dibawa  Bung Karno sebenarnya bukan keris melainkan pedang suduk ang memakai ganja , atau keris dapur Cengkrong  yang diberi warangka perak yang ditatah . Menurut  ceritera pedang tangguh Belambangan itu pusaka dari ayah Bung Karno . Raden Mas Sosro  pemberian Sunan Paku Buwana ke X . Menurut kepercayaan pada masa itu , Bung Karno menjadi sangat berani , berwibawa dan ditakuti , karena pusaka kerisnya . Keris atau pedang suduk ini sering terlihat pada  foto – foto Bung Karno.

 Pak Harto , semasa menjadi Presiden Republik Indonesia , dalam  hubungan diplomasi denbgan negara sahabat ,sering memberikan tanda mata untuk kepala negara atau wakil negara sahabat  cideramata  berupa keris . Keris yang diberikan  adalah keris  Bali dan ada juga  keris  Jawa .  Peristiwa ini berlangsung berkali kali , dan pada masa itu sering ditayangkan oleh media masa .

Begitu banyaknya peran keris dalam sejarah bangsa ini ,  Tulisan ini dibuat sebenarnya hanya menghadirkan serba sedikit peran keris dalam sejarah .  daqri bagian besar sejaah bangsa Indonesia Untuk mengkajinya diperlukan waktu yang panjang , tenaga dan beaya yang besar . Tentunya para ahli dan pecinta keris sangat memaklumi masalah itu. Terlebih lagi masa kini , keris sudah dianggap menjadi milik dunia .         


                                                                         Solo ; Pertengahan  Mei 2006




Gambar 1 ;n     Raden Trunajaya dieksekusi  hukuman mati di Alun alun Kadipaten Surabaya, ditusuk dengan keris Kyai Blabar,  gambar ini dibuat oleh
Orang Belanda penulis admiral speelman
Sumber ;  De Graaf H.J. ; De Geschiedenis van Ambon  en de Zuid Molluken . 1977 ,  Uit geverij , T Wefer B.V. Franeker

Gambar  2 ;   Pangeran Dipanegara dengan kerisnya
Sumber ; Muhammad Yamin , Lukisan Sedjarah , Jakarta 1956 . Penerbit Djambatan 


Gambar ; 3 Jendral Soedirman, Sri Sultan  dan Overste Soeharto dalam menyambut parade militer di Alun –alun Yogyakarta , 10 Juli 1959.
Tampak Pak Dirma memakai Udeng , jubah , dan keris
Sumber ;   Roto Soewarno  ; Pak Dirman menuju Sobo,  Jakarta,   1985 Penerbit Yayasan Kembang Mas


Kepustakaan
Buku – buku :
De Graaf . H. J .  Awal Kebangkitan Mataram , Jakarta ,  Pt Pustaka Grafiti pers
        1987
 -------,,----------; Puncak Kekuasaan Mataram, Jakarta . PT  Pustaka Grafiti pers
        1990
--------,,----------:  Dis Integrasi Mataram dibawah Amangkurat I , Jakarta , PT , 
1987                        Pustaka  Grafiti pers.Nas
--------,,----------: Rumtuhnya Istana MataramJakarta , Pustaka Utama Grafiti .
        1987.
---------,,--------- De Opkomst Van Raden Troenadjaja , Batavia , Overdruk uit 
         1940           Djawa,  XX . ste . jaar gang  1940.
Surono   : Pidato Sambutan , Tosan Aji dan Pembangunan Bangsa , pengarahan     
        1979               dalam rangka    Ulang tahun Boworoso Tosan Aji ,    
                              Pengembangan   Kebudayaan Jawa Tengah , Sasono Mulyo,
                              Surakarta.
Pandji  Prawirajuda :  Babad Majapahit  dan Para Wali , Jakarta , Proyek
1984                Perbitan buku satra Indonesia dan daerah ,  Departemen
                               Pendidikandan kebudayaan.
Mangkudimedja ,  R M :  Serat pararaton , Ken Angrok  , Jakarta , Depatemen   
1979                            P&K Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan Daerah.
Sudibyo . H Z     :  Babad Tanah jawi  , Jakarta , Departemen  Pendidikan dan  
1980                            kebudayaan , proyek penerbitan buku  sastra Indonesia dan daerah.
Karsten Sejr Jensen :   Den Indonesiske Kris , et symbolladet Vaben , Devantier,
1998                        Vaben Historiske Aarborger , Deutsland.
Poerbotjaroko  ;  Tjerita Pandji dalam Perbandingan , Jakarta , Gunung Agung.                        
            1968 
Mohammad Yamin ; Lukisan SedjarahJakarta, penerbit   Djambatan.                   
             1956
Manuskrip jawa
    -----------        , Serat Ajisaka , Naskah tulisan carik Jawa , copy dari  
        N.D              perpustakaan   Reksa pustaka , Pura Mangkunegaran Surakarta .

Nara sumber ;
 - Suprapto Suryadarma ;   budayawan , tokoh masyarakat ,  pengamat seni , tokoh      
    agama Budha di Surakarta.
 - Riyo Yosodipuro         ; budayawan ,  sejarawan , sastrawan , protokoler kraton
    Kasunanan Surakarta

sumber : http://kerisologi.multiply.com/journal/item/8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar